Worldview atau yang biasa sering disebut sebagai “cara pandang” atau “paradigma” merupakan satu hal yang sangat mempengaruhi hasil dari perumusan sistem teori Pendidikan. Hal yang sama berlaku pula bagi Social science atau ilmu-ilmu sosial. Pengaruh ilmu sekuler dalam peranan menghasilkan teori pendidikan sangat besar. Kedua hal ini yaitu worldview dan ilmu pengetahuan sosial, senantiasa di integrasikan sehingga menghasilkan satu teori pendidikan yang berbeda-beda tergantung dari sumber paradigma dan pemahaman dalam penggabungan keduanya. Tentunya masing-masing paradigma sangat dipengaruhi oleh filsafat hidup yang di anut oleh masing-masing kelompok sosial, yang juga kemungkinan besar dipengaruhi oleh budaya, sosio-ekonomi, masalah politik, atau berbagai fenomena, dan bahkan saling mempengaruhi. Hal ini pun berlaku bagi Pendidikan Kristen dalam Gereja, yang merupakan hasil penggabungan social science dan Teologi. Bahkan lebih lanjut, di dalam Pendidikan Kristen pun terdapat paradigma yang berbeda pula dalam melihat menghasilkan sistem Pendidikan Kristen.
Images Source: https://img.discogs.com Penggubah & Latar Belakang Tentu sebagian besar kita tidak asing dengan sebuah film romansa yang diangkat dari sebuah kisah nyata yang terjadi pada tahun 1912 yakni Titanic. Film ini menceritakan tentang sebuah kapal yang karam disebabkan oleh benturan hebat antara kapal dan gunung es, yang kemudian memakan korban yang tidak sedikit. Adegan demi adegan di dalam film ini mencoba menggambarkan kembali detil setiap kejadian di masa itu sehingga penonton ikut larut dan merasakan betapa peristiwa itu begitu dahsyat nan mengerikan. Tulisan ini tidak membahas mengenai jalan cerita film di atas, melainkan ada satu yang menarik dalam film karya sutradara kondang James Cameroon ini, yakni adegan di mana grup musik kapal itu tetap memainkan lagu-lagu mereka dengan profesional di tengah kepanikan penumpang yang tengah terancam nyawanya. Salah satunya adalah hymn “ Nearer my God to Thee ” atau di dalam Kidung Jemaat
Komentar
Posting Komentar